Dialog Dewasa Kritik Berasa Posted: 21 Nov 2014 11:50 PM PST JOKOWI TIDAK SEBUT PUN MALAYSIA, KENAPA PERLU MENGGELABAH, KENAPA SUKA-SUKA CETUS API Posted: 21 Nov 2014 07:10 PM PST Presiden Jokowi Mengaum Lihatkan Taringnya, Minta Kapal Asing Penjarah Ikan DitenggelamkanPresiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, dan Kepala Staf Angkatan Udara menggelar jumpa pers di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (22/10/2014). Jumpa pers ini terkait pembaharuan alutsista, intelejen negara, dan juga kesejahteraan anggota TNI dan Polri.Tribunne Presiden Jokowi baru satu bulan berkuasa,tapi dia sudah mulai memperlihatkan taringnya. Ibarat macan, Presiden Jokowi mengaum memperlihatkan taringnya pada satwa predator lain yang coba-coba merampas persediaan makanan buat keluarganya. Lima hari sebelum pelantikannya sebagai Presiden ke-7, tetangga sebelah Takut Pada Presiden Jokowi, Malaysia Bongkar Sendiri mercusuar Tanjung Datu. Presiden Jokowi merasa geram dan sangat kesal dengan ulah nelayan asing yang sering menjarah hasil laut Indonesia. Akibat penjarahan yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini, negara kita mengalami kerugian yang tidak sedikit setiap tahunnya. Bayangkan negara menderita kerugian yang menggiurkan sampai Rp 300 triliun per tahun. Menanggapi atas kerugian demikian besar yang dialami setiap tahunnya dari hasil laut, Presiden Jokowi langsung mengeluarkan pernyataan yang menghebohkan. "Enggak usah tangkap-tangkap, langsung saja tenggelamkan. Tenggelamkan 10 atau 20 kapal, nanti orang baru mikir," kata Preisden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/11/2014). Tak pelak ucapan Presiden Jokowi yang terlalu lantang dan berani ini membuat militer kita yang sudah lama terlelap dan tidak bertempur, merasa kagok dan terperanjat mendengar seruan dari Panglima Tertinggi semua angkatan bersenjata Indonesia Presiden Jokowi. Mungkin para petinggi angkatan bersenjata kita sudah terbiasa dengan cara-cara persuasif dalam mengatasi konflik selama ini. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio sampai merasa enggan untuk mengeluarkan komentarnya terkait ucapan Presiden Jokowi minta untuk menenggelamkan kapal asing yang mencuri hasil laut Indonesia ini. Beliau menyikapinya dengan berhati -hati sekali. "Nanti deh, nanti ya, nanti," ujar Marsetio seusai rapat koordinasi finalisasi Badan Keamanan Laut di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (19/11/2014). Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno berusaha untuk meluruskan dan mengoreksi pernyataan Presiden Jokowi dengan mengatakan Badan Keamanan Laut (Bakamla) tidak dapat seenaknya menenggelamkan kapal asing yang dianggap ilegal. Masih ada prosedur dan tahapan hukum yang harus dilalui dalam hukum laut yang sudah disepakati oleh dunia internasional. "Kalau sudah diperingati dulu, ya 'dor, dor, dor' (tembak ke udara) saja. Ada aturan yang berlaku, tidak sembarangan menindak, nanti kita diklaim (melanggar hukum) internasional," ujar Tedjo di kantornya, Rabu (19/11/2014). Kondisi keamanan laut kita memang sudah sampai pada nadir yang sangat mengkhawatirkan sekali. Sudah bertahun-tahun kejadian ini terus berulang dan tidak membuat jera para pencuri hasil laut kita tersebut. Luas lautan negara kita yang melebihi luas daratan kita,membuat kita belum mampu untuk menjaga perairan kita dari para pencoleng itu. Kekuatan armada patroli dan kelengkapan alatnya tidak sebanding dengan luas lautan dan juga kapal-kapal patroli kita juga kurang canggih dibandingkan dengan kapal-kapal pencuri ikan yang sudah memakai teknologi tinggi untuk mengeruk hasil laut kita. Negara kita adalah negara maritim karena luas lautannya yang begitu besar dari luas daratannya. Tapi negara kita sudah lupa dengan kodratnya sebagai negara maritim itu sendiri. Puluhan tahun sudah kita membelakangi maritim kita sehingga negara-negara lain berlomba-lomba untuk mengeruknya. Makanya tidak salah juga jika Presiden Jokowi mulai melihatkan taringnya dengan pernyataan ingin menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri hasil laut kita. Sebenarnya apa yang diucapkan oleh Jokowi bisa bermakna sebagai peringatan dini dan tidak main-main buat negara-negara jiran yang sering mencuri hasil laut kita. Pernyataan seperti ini perlu untuk memperlihatkan kita sebagai bangsa yang berdaulat dan ingin menjaga harga diri sebagai bangsa yang besar. Selama ini cara-cara damai sudah tidak mempan lagi dan sudah dianggap angin lalu oleh para pencoleng itu. Sudah saatnya sekarang untuk bertindak untuk mempertahankan kedaulatan laut kita dari ancaman pencuri itu. Berani dan sudah siapkah armada laut kita menerima perintah Panglima tertinggi ini. Sayangnya petinggi militer kita masih belum siap dan lebih memilih cara-cara penyelesaian damai melalui jalur belakang layar. Sumber | HARGA RON 95 KINI LEBIH MURAH, BIAR BETUL...? Posted: 21 Nov 2014 09:01 AM PST Ramai yang tergezut bila diumumkan tiada lagi subsidi untuk RON 95 dan Diesel mulai 1 Disember 2014. Ertinya harga kedua-dua bahan api tersebut akan ditentukan oleh mekanisme apungan terkawal mengikut harga pasaran dunia sepertimana RON 97. Maknanya juga harga tidak dibiarkan bergerak secara bebas kerana kerajaan masih memantau dan mengawal harga agar ia tidak terdedah dengan manipulasi dan spekulasi liar. Namun berdasarkan harga pasaran, RON 95 kini bernilai RM2.27, bukannya lagi RM2.30 seperti mana yang dijual di pasaran kini. Harga RON 95 juga akan terus menjunam selari dengan penurunan harga minyak mentah....diulangi sekali lagi ' minyak mentah' yang masih belum diproses menjadi pelbagai produk hiliran. | Minyak mentah digunakan untuk menghasilkan pelbagai produk hiliran yang mempunyai harga yang berlainan di pasaran antarabangsa. Petrol umpamanya terbahagi kepada pelbagai jenis seperti RON 80, RON 88, RON 90, RON 91, RON 92, RON 93, RON 95, RON 97, RON 98 paling mahal RON 100. |
Kini apabila kerajaan mengumumkan untuk menarik semua subsidi dan mengapungkan harga minyak ikut harga pasaran, ada kedengaran pihak-pihak yang membantah. Mungkin selama ini kita sudah terlalu selesa dengan pelbagai kemudahan dan subsidi hinggakan ia dianggap sebagai satu hak warisan yang tidak boleh disentuh. Namun ia juga telah menjadi suatu hak yang selalu dirompak oleh golongan pendatang haram, warga asing dan juga penyanggak-penyanggak ekonomi yang selama ini hidup kaya memboroi dengan hasil penyeludupan dan penyelewengan. Pendek kata kononnya jika tiada subsidi maka ramai akan mengelupur kepanasan, ramai yang mula mengomel dan mengkritik. Kononnya harga barang turut akan naik..anehnya bila harga minyak jatuh pun harga barang tetap dinaikkan oleh tokey-tokey kedai. Tapi mereka ini cukup ' bijak' bercakap soal subsidi adalah hak rakyat yang bukannya hak UMNO atau BN. | Macai-macai PR selalu desak kerajaan menurunkan harga minyak dan selalu menggunakan carta harga minyak mentah ini untuk membenarkan hujah mereka. Namun apabila kerajaan membuat keputusan menggunakan mekanisme apungan menurut harga pasaran semasa antarabangsa, macai membangkang pula. Data ini sehingga 11 Nov 2014. |
Kita berharap dengan harga minyak dunia yang kian menjunam ini maka kita akan menikmati harga petrol yang lebih murah seperti mana yang diinginkan rakyat. Kita lihat saja apa akan jadi pada 1 Disember nanti. Adakah harga minyak RON 95 dan Diesel akan lebih murah berbanding sekarang setelah tiada lagi subsidi diberi? Mungkin tak lama lagi syarikat-syarikat minyak wajib memaparkan billboard-billboard elektronik tanda harga semasa RON 95, RON 97 dan Diesel di premis-premis mereka macam di kebanyakkan negara di dunia. Mudah untuk rakyat merujuk harga sebelum beli minyak. | Di kebanyakkan negara di dunia, pemasangan billboard elektronik yang menunjukkan harga semasa bahan api mengikut jenis menjadi kewajipan dan berjaya mendisiplin rakyat menguruskan perbelanjaan. Di kebanyakkan negara luar, harga bahan api sentiasa berubah mengikut musim dan lokasi pam stesen. |
Meskipun tiada lagi subsidi bahan api namun penyeludupan pasti dan tetap terjadi kerana minyak RON 95 dan Diesel Malaysia masih lagi dikira murah dan berkualiti berbanding di Singapore, Thailand mahupun Indonesia. Cuma untungnya adalah kerajaan yang tidak lagi perlu memikirkan banyak mana wang negara harus dicurahkan bagi menampung subsidi yang semakin meningkat hingga turut dinikmati oleh 6.7 juta warga asing yang tak berhak. | Trend harga minyak mentah yang semakin menurun membolehkan harga minyak di Malaysia turut diturunkan. Ia bermula pada 19 November 2014 lalu bila harga RON 97 diturunkan 20 sen menjadi RM2.55 berbanding RM2.75 seliter sebelumnya. Mungkinkah harga RON95 dan Diesel akan turun juga? Data hingga akhir Oktober 2014. |
Melalui penghapusan subsidi ini juga kemungkinan tiada lagi cadangan pemberian subsidi secara berkasta dan terpilih sepertimana yang dicadangkan sebelum ini. Duit subsidi mungkin boleh disasar dan diarahkan kepada aspek pembangunan lain seperti pendidikan, rawatan perubatan, harga barang murah, rumah murah, kenderaan murah dan sebagainya. Ia lebih adil kerana hanya yang berhak perlu mendapat hak yang sewajarnya. Lagi pun minyak dan diesel tidak dikenakan GST. Bila harga minyak murah adakah ramai yang akan berebut membeli untuk buat stok dan dijual dengan harga mahal? Kita tunggu dan lihat selepas 1 Disember ini.
KENYATAAN AKHBAR: PELAKSANAAN PENGAPUNGAN TERKAWAL (MANAGE FLOAT) BAGI PETROL RON95 DAN DIESEL
Dimaklumkan bahawa Kerajaan melalui Mesyuarat Jemaah Menteri hari ini telah memutuskan bermula dari 1 Disember 2014, penetapan harga runcit bagi petrol RON95 dan diesel adalah mengikut kaedah pengapungan terkawal (managed float). Kaedah ini adalah sebagaimana pelaksanaan penetapan harga runcit RON97 sedia ada sejak Julai 2010.
Harga runcit produk petroleum di Malaysia ditentukan melalui kaedah Automatic Price Mechanism (APM) sejak tahun 1983. Melalui APM, Kerajaan akan menetapkan harga runcit pada satu paras tertentu dimana perubahan kos produk tidak akan mengubah harga runcit. Walau bagaimanapun, melalui pengapungan terkawal (managed float) ini, purata perubahan kos produk akan menentukan penetapan harga bagi bulan berikutnya. Ini bermakna jika harga pasaran minyak mentah dunia meningkat, harga runcit RON95 dan diesel juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya.
Sebagai contoh daripada 1 hingga 19 November 2014, purata harga RON95 di bawah APM menurun kepada RM2.27 seliter yang mana lebih rendah daripada harga runcit RM2.30 seliter. Dalam hal ini, Kerajaan akan memantau harga pasaran pada 20 hingga 31 November 2014 dan jumlah sebenar akan menentukan purata harga runcit pada bulan Disember. Jika trend ini berlarutan, adalah dijangkakan harga runcit RON95 bagi bulan Disember akan dikurangkan sewajarnya berdasarkan formula APM.
Pada masa ini harga runcit RON95 di stesen minyak adalah pada harga RM2.30 seliter dan diesel pada harga RM2.20 seliter. Mulai pada 1 Disember 2014, penetapan harga di stesen minyak akan bergantung kepada kaedah yang disebut di atas. Kerajaan akan mengikuti perkembangan pasaran harga produk kos setiap masa dan kadar pertukaran matawang untuk menetapkan harga runcit petrol dan diesel.
Keputusan pengapungan terkawal harga petrol RON95 dan diesel dibuat berikutan kejayaan pelaksanaan pengapungan terkawal harga petrol RON97. Langkah ini membuktikan hasrat Kerajaan untuk memastikan rakyat menikmati manfaat sepenuhnya berikutan penurunan harga minyak mentah dunia.
Kajian bagi pelaksanaan pengapungan terkawal harga petrol RON95 dan diesel ini telah dilaksanakan oleh Kerajaan sebelum memutuskan pelaksanaan kaedah ini.
YB DATO' SRI HASAN BIN MALEK | WHAT? DS NAJIB SUMMONS TONY PUA RM1 BILLION? Posted: 21 Nov 2014 05:52 AM PST TUDUHAN terkini Tony Pua ke atas DS Najib Tun Razak adalah sangat serius, khususnya apabila berkata "...Najib mencipta skandal paling terbesar dalam sejarah Malaysia...".
Dalam ucapan itu, Tony Pua juga menyelar MCA, Gerakan malah UMNO kerana tidak berani menegur DS Najib, malah mengungkap kononnya Najib bagaikan Raja.
Banyak lagi tuduhan-tuduhan yang dibuat secara terbuka, ianya memberi kesan yang buruk bukan sahaja kepada peribadi DS Najib dan keluarganya, tetapi juga kepada rakyat dan negara Malaysia khususnya di luar negara.
Firma guaman yang bertanggungjawab hendaklah mengemukakan saman malu dan apa jua saman yang berkaitan dengan suatu jumlah yang paling tinggi di dalam dunia sesuai dengan ucapan jahat itu. Ianya mesti menjadi pengajaran kepada Tony Pua dan mereka yang sewaktu dengannya.
Contohilah Lee Kuan Yew apabila dia menyaman pemimpin-pemimpin pembangkang di negara itu sehingga mereka jatuh bankrap, dipenjara dan hilang kelayakan sebagai ahli parlimen. Lee Kuan Yew melakukannya kerana beliau yakin akan kebenaran dirinya dan yakin akan pembohongan yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin pembangkang ke atas dirinya.
Lee Kuan Yew berkata, untuk mendisiplinkan rakyat, untuk memajukan negara dan untuk memastikan segala perancangan pembangunan kerajaan mencapai kejayaan, seseorang Perdana Menteri mesti serius, berani dan menguatkuasakan undang-undang ke atas sesiapa sahaja yang melakukan kemudaratan kepada negara.(Baca "Kisah Singapura, Memoir Lee Kuan Yew")
Tony Pua atau sesiapa sahaja rakyat boleh mengkritik kerajaan dan kepimpinan kerajaan tetapi membuat tuduhan tanpa fakta adalah suatu kesalahan.
Jika 1MDB berhutang untuk suatu tujuan pembangunan negara dan kemaslahatan rakyat ianya sesuatu yang akan dilakukan oleh mana-mana kerajaan. Di antaranya kita melihat beberapa program 1MDB seperti 1MDB Dana Belia, Geran Tahunan 1MDB-Jakim, Bantuan JKM-1MDB, Bantuan Haji 1MDB dan pelbagai program di seluruh pelusuk negara yang tidak dapat saya senaraikan satu persatu. ADA PIHAK CEMBURU Saya syak terdapat pihak tertentu yang cemburu dengan kemampuan dan kejayaan 1MDB. Siapakah pihak itu?
Walaupun baharu ditubuhkan, 1MDB sudah memiliki aset bernilai RM51 Billion. Dalam masa yang singkat 1MDB menjana keuntungan sejumlah RM4.3 Billion pada Mac, 2014. Apabila 1MDB berjaya dalam penyenaraiannya (IPO), ia akan menjadi syarikat ke-5 terbesar di Asia Tenggara.
Sehingga ke saat ini sahaja, 1MDB memiliki 16 stesen jana kuasa dan loji air masin di Mesir, Bangladesh, Pakistan, UAE selain di Malaysia.
Sudah pasti kejayaan sekelip mata itu amat memberi kecemburuan kepada sesetengah pihak. Siapakah mereka yang cemburu itu? Perlukah dinyatakan?
Saya mencadangkan supaya DS Najib meneruskan notis saman ke atas Tony Pua. Saman RM1 Billion itu menggambarkan bukan sahaja maruah peribadi DS Najib, tetapi jua maruah kerajaan, rakyat dan negara.
Rakyat Malaysia dan Negara Malaysia tidak seharusnya menerima penghinaan ketika di luar negara dek kerana fitnah-fitnah yang sedemikian rupa.
Jika Tony Pua melakukannya ke atas Jokowi, saya percaya Tony Pua akan menerima pengajaran yang paling berguna. Nota: Menurut Catatan IMF (2013), negara paling banyak hutang di dunia ialah Jepun (1), Singapura (10) dan Amerika Syarikat (9).
Kesimpulannya, isu 1MDB hanya isu politik untuk menjatuhkan Perdana Menteri dan Kerajaan.
| |
JURI RAKYAT Posted: 21 Nov 2014 07:37 PM PST Candi Bajangratu Posted: 21 Nov 2014 07:36 PM PST Juri Rakyat - Candi Bajangratu. Memerlukan berbagai upaya yang begitu rumit, untuk tidak menyebutnya sebagai usaha yang mustahil, dalam menyatukan puzzle dari Majapahit yang terpecah-pecah melalui sebaran penemuan candi-candi di Trowulan. Kali ini, kami mengunjungi Candi Bajangratu yang terletak di antara (setelah) Situs Pendopo Agung dan (sebelum) Candi Tikus, sekitar kurang dari 2 km dari Museum Trowulan. Perjalanan kami tempuh dengan menaiki becak yang dengan mudah ditemukan di sekitar museum. Candi Bajangratu merupakan candi berbentuk gapura atau pintu gerbang serupa Candi Wringin Lawang. Bedanya, Bajangratu bertipe paduraksa, artinya berupa gapura yang beratap. Candi terbuat dari bata merah dengan lantai andesit ini, memiliki denah persegi yang mengerucut ke atas. Uniknya, bagian puncak candi bukan berbentuk stupa atau mata panah atau lingkaran, melainkan persegi. Sekilas, wujudnya menyerupai bangunan Hindu, juga Buddha. Namun sampai saat ini, Candi Bajangratu masih belum bisa dipastikan apakah ia bangunan cengan corak Hindu atau Buddha atau paduan keduanya. Oleh sebab itulah, banyak arkeolog berkesimpulan bahwa candi termasuk ke dalam jenis candi non-religius karena terdapat kemungkinan bahwa candi tidak memiliki keagamaan yang jelas atau bersifat netral (universal). Wafatnya Sang Raja Bajangratu diperkirakan telah ditemukan kembali oleh Belanda sekitar tahun 1915. Pada tahun itu, kemungkinan candi mengalami pemugaran untuk pertama kalinya. Setelahnya, tahun 1989 dikonservasi lagi dan selesai pada 1992. Nama "Bajangratu" sendiri memiliki makna yang masih simpang siur. "Ratu" dikonotasikan sebagai raja atau pemimpin kerajaan, sementara "bajang" dapat diterjemahkan sebagai hantu yang berkuku panjang atau manusia/makhluk yang cacat. Sementara itu, Gapura Bajangratu merupakan tempat yang disebut dalam Kitab Nagarakretagama sebagai Sri Ranggapura atau Istana Sri Rangga. Pencantuman tersebut berkaitan dengan mangkatnya Kaligemet, yang tak lain adalah putra mahkota dari pendiri sekaligus raja pertama Majapahit, yaitu Raden Wijaya. Anak dari raja yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana tersebut merupakan anak dari istri yang bernama Prameswari. Tahun 1328, pangeran yang mulai memerintah Majapahit di usia muda itu meninggal dunia saat kondisi kerajaan tengah berkecamuk karena pemberontakan dan perebutan kekuasaan. Gelar Jayanegara yang disandangnya kemudian membuatnya lebih dikenal sebagai Raja Jayanegara. Pratista (tempat dan bangunan suci) Sang Raja yang masih berada di Trowulan tersebut diduga berada di sekitar Candi Bajangratu di Desa Temon. Hal inilah menguatkan dugaan bahwa Candi Bajangratu adalah candi gapura atau pintu masuk menuju bangunan suci dan sakral yang menjadi lokasi dimakamkannya atau tempat untuk mengenang Jayanegara. Sebuah Epik dan Hewan-hewan Sakral Keindahan Candi Bajangratu tidak hanya terletak pada bentuknya yang mirip dengan pura di Bali, tetapi juga pada keunikannya karena terbuat dari bata merah serta berhiaskan aneka relief pada bagian-bagian tertentu. Meski hanya tersisa luas 11,5 x 10,5 meter dengan tinggi 16,5 meter, candi ini tidak kehilangan pesonanya. Relief memang tampak agak kabur dan tak sempurna, tetapi masih bisa dilihat dan diprediksi bentuknya. Mendekati lorong yang selebar 1,4 meter tersebut, terdapat relief Kala dengan berbagai simbol semesta (sulur atau spiral) yang mengelilinginya serta menghiasi setiap level hingga ke atap. Puncaknya memang berakhir dengan bentuk persegi, namun hiasan spiral di tahapan tertinggi candi, membentuk segitiga sebagai simbol pencapaian menuju Dunia Atas. Segitiga juga menjadi metafor bagi gunung atau sesuatu yang agung (Tuhan). Motif sulur/spiral juga ditemukan di badan dan sayap candi yang geometris ini. Relief pada Bajangratu sedikitnya memiliki dua kisah, yaitu cerita Sri Tanjung pada kaki gapura dan cerita Ramayana pada sayap kanan. Selain itu terdapat simbol sakral lainnya yang terkait langsung dengan dunia spiritual (non-fisik), seperti relief mata satu. Banyaknya simbol berupa lingkaran, seperti sulur, bunga, dan matahari, merupakan perlambang dari suatu pencerahan (awakening/enlightenment/God). Sosok lain berupa singa, naga, dan garuda, pada kepercayaan Hindu maupun Buddha, dianggap sebagai sosok magis yang menjadi kendaraan bagi suatu kepergian atau pelepasan (pencapaian menuju dunia lain). Mungkinkah ini berarti bahwa Jayanegara memiliki peran yang lebih dari sekedar seorang raja? Atau Bajangratu menyimpan sakralitas lain yang lebih dari sekedar tempat untuk menghormati orang yang telah meninggal? Sebuah pintu yang dipercaya oleh orang dahulu sebagai lokasi menuju dimensi lain (menembus ruang dan waktu yang berbeda)? Banyak ahli, mengacu pada tahun kematian Raja Jayanegara untuk menentukan usia Candi Bajangratu yang diduga dibangun pada abad ke-13 sampai 14. Sebagian masyarakat lokal dan kelompok spiritual tertentu, masih menganggap Bajangratu sebagai bangunan yang suci dan sakral. Lokasi pemakaman Sang Raja yang – menurut para ahli sejarah – dibunuh oleh tabibnya sendiri itu, masih belum ditemukan. Bangunan yang disebut-sebut sebagai bangunan suci di mana Candi Bajangratu menjadi gapuranya tersebut, juga masih diliputi misteri. Namun setidaknya, kehadiran candi non-religius ini memberikan petunjuk adanya sesuatu yang lebih besar dari apa yang terlihat. Entah itu bangunan megah dan suci di belakangnya atau pemaknaan yang lebih dalam dari sekedar sebuah pintu masuk menuju sesuatu yang mencerahkan. Sumber: Kusumawijaya, I Made, dkk. Mengenal Kepurbakalaan Majapahit di Daerah Trowulan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan RI. Tolle, Eckhart (2006) A New Earth: Awakening to Your Life's Purpose. USA: Plume. Tips Perjalanan: Untuk menuju Candi Bajang Ratu, perjalanan dapat dimulai dari terminal bus dan angkutan umum terdekat, yaitu Terminal Purabaya, Surabaya. Tanyalah kendaraan umum kecil menuju lokasi candi di Trowulan dengan tarif di bawah Rp 5 ribu, atau dapat pula menaiki bus besar antar-kota/antar-provinsi (tujuan Solo dan Jogja) yang mengarah ke Trowulan dengan tarif (biasanya tidak selalu sama) Rp 8-10 ribu, lalu turun di Trowulan. Atau, naik bus mini tujuan Mojokerto, dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Trowulan dengan ongkos yang hampir sama. Candi Bajang Ratu dapat dicapai dengan menggunakan jasa becak yang banyak ditemukan di sekitar Trowulan. Harga ongkos becak sesuai dengan tawar-menawar. Biasanya, tukang becak akan menawarkan jasa mengelilingi sejumlah situs Trowulan yang terpencar di berbagai desa dengan biaya sekitar Rp 50 ribu. Kunjungilah terlebih dulu Museum Trowulan atau bertanyalah dengan warga sekitar dan tukang becak untuk mengetahui atau mengajak mengelilingi candi-candi lainnya di sekitar Candi Bajang Ratu. Tak banyak rumah makan atau pedagang makanan dan minuman di berbagai lokasi candi, jadi sebaiknya, persiapkan perbekalan selama berkunjung. | Candi Batujaya Posted: 21 Nov 2014 07:28 PM PST Tak banyak memang penemuan candi di lokasi Jawa Barat seperti halnya di kawasan Jawa Tengah, Jogja, maupun Jawa Timur. Tetapi, bukan berarti tidak ada. Apalagi mengecilkan nilai sejarah-budaya dari Jawa Barat itu sendiri yang sebenarnya memiliki peradaban yang tak kalah pentingnya dari kawasan lain di Nusantara, pula perannya bagi hubungan dan perdagangan internasional berabad-abad silam.
Kali ini, kami bertolak menuju kawasan yang dikenal sebagai salah satu lumbung padi Jawa Barat, yaitu Karawang. Dari Jakarta, akses dan transportasi publik menuju Karawang, tidaklah sulit. Pagi-pagi sekali, kami berangkat dengan bus menuju Karawang. Sepanjang perjalanan, kami disuguhkan dengan pemandangan berupa hamparan sawah yang telah menguning. Para petani pun tampak sibuk memotong padi.
Kompleks Percandian Batujaya mencakup area seluas 5 km2 di wilayah administrasi Desa Segaran, Kec. Batujaya dan Desa Telukbuyung, Kec. Pakisjaya (semula Desa Telagajaya, Kec. Batujaya) Kab. Karawang, Jawa Barat. Terdapat lebih dari 20 reruntuhan bangunan bata yang meliputi persawahan dan perkampungan penduduk. Sebagian besar situs masih berupa gundukan tanah berupa bukit-bukit kecil dengan tinggi 1-4 meter, yang oleh penduduk sekitar kerap disebut unur (bukit kecil) dan dianggap keramat. Berbeda dengan candi lain yang biasanya ditemukan dan direkonstruksi oleh Belanda pada masa kolonialisme, Percandian Batujaya pertama kali ditemukan tahun 1984 oleh tim Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya, Univ. Indonesia (UI).
Candi Jiwa Udara yang panas dan kering terbawa oleh hembusan angin hingga terasa di kulit kami. Begitu sampai di pintu masuk lokasi percandian, kami mengisi buku kehadiran. Tak ada tiket masuk, hanya donasi seikhlasnya. Untuk menuju lokasi candi yang terletak di tengah-tengah persawahan, kami hanya tinggal mengikuti sebuah jalan setapak terbuat dari beton yang menghubungkan pengunjung dan candi.
Sebelumnya, masyarakat menyebutnya sebagai Unur Jiwa (Bukit Jiwa). Kini, menjadi Candi Jiwa, terletak tak jauh dari tempat kami mengisi buku tamu. Unur yang semula ditumbuhi pohon pisang dan palawija ini merupakan yang pertama kali mengalami ekskavasi tahun 1985 oleh tim arkeologi dari UI.
Saat ini, Candi Jiwa tak lagi utuh, namun menyisakan bagian kaki berupa persegi dengan ukuran 19 x 19 m (diamond shape) dengan tinggi yang tersisa sekitar 4,7 m dan terbuat seluruhnya dari bata merah. Meski telah berwarna redup agak kehitaman, namun warnanya yang kontras di antara sawah, membuatnya terlihat begitu spesial dan menyala di bawah terik langit yang biru.
Tak ada tangga pada Candi Jiwa. Bentuknya yang bujur sangkar (wajik) mengingatkan kami pada Candi Sumberawan. Pada bagian atas, terdapat sisa lingkaran berdiameter 6 m yang diduga adalah bentuk stupa yang kini telah hilang. Di sinilah biasanya tersimpan relik Buddha, sehingga memiliki makna spiritual yang tinggi. Keberadaan stupa juga menguatkan fungsi candi sebagai bangunan sakral pemujaan, sekaligus coraknya yang berlanggam Buddha. Biasanya, peribadatan yang dilakukan untuk tipe candi stupa adalah berupa pradaksina, yaitu berjalan mengelilingi candi (yang menjadi patha atau garis edar) sebanyak tiga kali searah jarum jam sambil membaca sutra dan mantra (doa). Ritual kuno ini masih dilakukan hingga sekarang. Pada Perayaan Trisuci Waisak, umat Buddha kerap datang kemari untuk melakukan pradaksina. Sejumlah inskripsi berbahasa Palawa dan Sansekerta juga ditemukan di sekitarnya. Sebagian adalah bata, sebagian lainnya berupa lempengan emas yang menuturkan Karma dan Dharma.
Candi Blandongan Cuaca hari itu begitu cerah. Angin masih terasa hangat dan awan putih mengepul pada langit biru. Kami melanjutkan berjalan mengikuti jalan setapak berbeton di tengah sawah. Di ujung sana, adalah Candi Blandongan. Warnanya merah pada bangunan batu bata tersebut begitu terlihat menonjol, juga megah. Ukurannya tampak jauh lebih besar dari Candi Jiwa.
Candi yang disebut masyarakat sekitar sebagai Unur Blandongan ini juga tidak menyisakan bangunan yang utuh. Denah bujur sangkar pada bagian kaki berukuran 25 x 25 m, sedangkan sisa bagian tengah hanya 10 x 10 m. Pada setiap sisi candi, terdapat tangga naik dan pada badan candi juga terdapat lantai yang dilapisi dengan beton stuko (serta adukan kerikil). Tidak hanya lantai, pada bagian dinding ditemukan pula lepa stuko.
Candi Blandongan merupakan satu-satunya candi di Batujaya yang masih memiliki bagian badan candi. Di sekitarnya, telah ditemukan banyak sekali peninggalan berupa, perhiasan, materai terakota, gerabah, serta inskripsi dengan corak yang mirip dengan seni patung dan pahat pada situs maupun candi di Nandala. Beberapa patung yang menggambarkan sosok Buddha pun memiliki kemiripan dengan sosok Buddha di kawasan Thailand.
Pada bagian-bagian tertentu, para peneliti menemukan adanya relung-relung yang kemungkinan adalah struktur kayu untuk tiang, pintu, dan jendela. Kemungkinan ini diperkuat dengan ditemukannya sisa-sisa arang yang membawa pada kesimpulan bahwa candi pernah mengalami kebakaran dan kemudian dibangun kembali (fase kedua diduga sekitar 980 M) seperti bentuknya yang sekarang berupa penebalan bagian kaki, penambahan tangga, dan peninggian candi. Selain sisa pembakaran kayu, ternyata terdapat pula sisa pembakaran padi yang membuktikan kehidupan agraris masa itu.
Seorang pedagang makanan kecil dan minuman dingin di dekat Candi Jiwa, sempat bercerita pada kami mengenai adanya penampakan sosok dewi yang muncul bersama para pengikutnya di Candi Blandongan. Namun, kisah-kisah mistis dan spiritual di kawasan Percandian Batujaya, tak lagi diceritakan karena benturan pada nilai-nilai agama yang kini dianut. Meski tak ada sistem keamanan yang ketat, tapi warga sekitar tak ada yang berani mengambil bagian candi apalagi benda-benda berharga lainnya yang ditemukan di sekitar candi. Hal ini disebabkan, sebelumnya banyak orang yang mengambil atau memindahkannya, kerap tertimpa bencana, mulai dari sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia. Sehingga, masyarakat percaya untuk melindungi berbagai candi dan situs dengan tetap membiarkannya seperti apa adanya.
Berbekal petunjuk dari satu-satunya pedagang kecil tersebut, lalu kami memberanikan diri untuk keluar dari jalan setapak beton dan berjalan menembus persawahan menuju situs candi lainnya.
Saat itu, persawahan di sekitar candi tengah mengalami gagal panen. Tanahnya mengering agak keras dan bulir-bulir pada menjadi kosong. Pada tepian sawah, kami menuju Situs Segaran II (Unur Lempeng) yang berupa gundukan kecil yang ditanami pohon kelapa, pisang, dan rumput. Di sini, kami menemukan banyak sekali bata dan batu berserakan di mana-mana, juga terdapat sumur tua dengan air yang sangat jernih dan segar.
Berjalan lurus ke arah barat, kami kembali menembus persawahan di mana kami menemukan lagi sebuah candi. Masyarakat menyebutnya Unur Serut. Candi terbuat dari bata dan menyisakan bagian kaki yang tergenang air. Lokasinya bersebelahan dengan rumah penduduk. Sejumlah bebek berlarian dari genangan air pada candi ketika kami mendekat. Masih dengan rasa penasaran, kami pun bertanya pada seorang perempuan paruh baya yang kami temui mengenai lokasi lain dari situs-situs percandian. Ia pun mengantar kami untuk berjalan lurus saja ke arah barat mengikuti jalan setapak desa yang bertanah dan – yang membuat kami kaget pada sisi jalan tertentu – berbata merah besar mirip lantai candi.
Kami menemukan lagi sumur kecil tua berdinding bata, serta unur-unur lainnya yang menyatu dengan persawahan, pemakaman, bahkan rumah-rumah penduduk.
Sebaran yang sporadis dan terkesan tak berpola pada Kompleks Percandian Batujaya ternyata memiliki kemiripan dengan Kompleks Percandian Muarajambi dan Kompleks Wihara Anuradhapura di Sri Lanka. Dari analisis stratigrafi di sana, lokasi percandian ternyata mencakup dan menggambarkan 4 strata budaya: pra-sejarah, peralihan, Hindu-Buddha, dan paska-Hindu-Buddha.
Era pra-sejarah ditandai dengan penemuan budaya Buni, yaitu masyarakat yang pertama kali berada di pantai utara Pulau Jawa bagian barat. Kesenian pada mas ini adalah kreasi gerabah yang banyak ditemukan di sekitar lokasi percandian. Masa perundagian di Batujaya diduga sekitar 1.000 SM hingga 500 M. Sedangkan masa peralihan menjadi titik dimulainya kontak masyarakat Buni dengan budaya India (yang kental dengan nuansa Hindu-Buddha) di mana akulturasi kemudian berproses sekitar abad ke-2 hingga ke-4. Memasuki periode Hindu-Buddha, memunculkan kelahiran kerajaan tertua di Jawa: Tarumanagara tahun 450 (sekitar abad ke-5). Keterkaitan Tarumanagara pada fase kedua (sekitar abad ke-8) dengan kebudayaan dan spiritualitas Buddha, menguat dengan adanya corak kesenian Nalanda yang kemungkinan masuk melalui Sriwijaya sebagai pusat ajaran Buddha,sekaligus kerajaan maritim terbesar di Asia Tenggara. Tarumanagara adalah pintu masuk bagi Sriwijaya memperluas kekuasaan (juga sebaran pengaruh Buddha).
Menarik. Meski mungkin sebagian pengunjung merasa tak begitu antusias atau kecewa dengan bangunan candi yang tak utuh dan masih berupa reruntuhan, bahkan gundukan tanah saja, namun kekayaan sejarah yang terkandung pada Kompleks Percandian Batujaya menjadi bukti nyata keagungan peradaban masyarakat Jawa Barat. Bagi kami, keindahan dan makna dalam pada candi-candi di sini, memiliki definisinya tersendiri yang membuatnya berbeda dari candi lainnya di Nusantara.
Aliran Sungai Citarum yang berada di dekat candi, hingga saat ini masih lekat dengan kehidupan agraris masyarakat Karawang. Perjalan pulang kami kembali dihiasi dengan hamparan sawah dan kesibukan para petani memasuki masa panen. Beberapa kali, kami melihat keramaian di pinggir jalan berupa arak-arakan anak kecil yang habis disunat duduk di atas sisingaan sambil diiringi musik tradisional serta akrobat dan tari-tarian.
| Sejarah Candi Jiwa Posted: 21 Nov 2014 07:14 PM PST Sejarah Candi Jiwa - Karawang sebagai salah satu kota di pesisir utara Jawa Barat selama bertahun-tahun telah dikenal sebagai lumbung beras nasional, Namun sebenarnya prestasi kota ini tidak sekadar sebagai penghasil beras semata. Pada zaman perang kemerdekaan, kota ini mengukir sejarah ketika sekelompok pemuda mendesak Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia dengan membawa Soekarno Ke Rengas Dengklok. Dan hasilnya, sehari setelah peristiwa tersebut Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Kini rumah ketika Soekarno pernah diungsikan tersebut masih dapat ditemukan tidak jauh dari pasar Rengas Dengklok. Dalam perkembangannya ternyata Karawang juga menyimpan potensi sumberdaya arkeologi yang sangat besar sejak masa prasejarah, klasik sampai masa Islam tumbuh dan berkembang di Jawa Barat. Dua situs dari masa klasik yakni Batujaya dan Cibuaya, sampai saat ini setidaknya memiliki 30 buah lokasi yang diduga merupakan bangunan candi dari masa Kerajaan Tarumanagara sampai Sunda. Satu jumlah yang berlum tertandingi oleh daerah lain di Jawa Barat dan tentu tidak berlebihan jika Karawang mendapat julukan sebagai Lumbung Candi di Jawa Barat. KependudukanMasyarakat di daerah ini pada umumnya hidup dari bercocok tanam. Oleh karena itu, sebagian besar lahan di daerah Batujaya digunakan untuk areal persawahan irigasi. Pola tanam padi sebanyak dua kali setahun dan pola tata air yang baik menyebabkan daerah ini subur dan menjadi tulang punggung bagi penyediaan beras. Tak heran jika wilayah Karawang yang mempunyai luas wilayah sekitar 3120 Km ini dikenal sebagai lumbung padi nasional. Di samping bercocok tanam, masyarakat yang tinggal di daerah pantai umumnya hidup sebagai nelayan tradisional. Tampaknya dua jenis pekerjaan ini merupakan keahlian yang telah dilakukan secara turun temurun dari leluhur mereka. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian arkeologi di Komplek Percandian Batujaya yang menemukan bandul jaring dan sisa-sisa kulit kerang pada bata - bata candi. Dari catatan pemerintah Kolonial Belanda, pada tahun 1684 M daerah ini hanyalah berupa rawa-rawa yang tidak berarti. Baru pada tahun 1706 M atas perintah pemerintah Kolonial Belanda, daerah ini dibersihkan dan dijadikan areal persawahan dan perkebunan. Artinya, sejak runtuhnya Komplek Percandian Kegiatan menanam padi dengan latar belakang candi Blandongan Batujaya, daerah ini menjadi tidak berarti dan baru mendapat perhatian kembali pada akhir abad ke-17 M. LokasiSitus Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya ini diperkirakan sekitar lima km2. Situs ini terletak di tengah-tengah daerah persawahan dan sebagian di dekat permukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat (pantai Ujung Karawang). Batujaya kurang lebih terletak enam kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di utara Ci Tarum. Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs sekarang karena tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau atau pun pada musim hujan. Lokasi percandian ini jika ditempuh menggunakan kendaraan sendiri dan datang dari Jakarta, dapat dicapai dengan mengambil jalan tol Cikampek. Keluar di gerbang tol Karawang Barat dan mengambil jurusan Rengasdengklok. Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu persimpangan. Walaupun jika ditarik garis lurus hanya berjarak sekitar 50km dari Jakarta, waktu tempuh dapat mencapai tiga jam karena kondisi jalan yang ada. PenelitianSitus Batujaya pertama kali diteliti oleh tim arkeologi Fakultas Sastra Universitas Indonesia (sekarang disebut Fakultas Ilmu Budaya UI) pada tahun 1984 berdasarkan laporan adanya penemuan benda-benda purbakala di sekitar gundukan-gundukan tanah di tengah-tengah sawah. Gundukan-gundukan ini oleh penduduk setempat disebut sebagai onur atau unur dan dikeramatkan oleh warga sekitar. Semenjak awal penelitian dari tahun 1992 sampai dengan tahun 2006 telah ditemukan 31 tapak situs sisa-sisa bangunan. Penamaan tapak-tapak itu mengikuti nama desa tempat suatu tapak berlokasi, seperti Segaran 1, Segaran 2, Telagajaya 1, dan seterusnya. Sampai pada penelitian tahun 2000 baru 11 buah candi yang diteliti (ekskavasi) dan sampai saat ini masih banyak pertanyaan yang belum terungkap secara pasti mengenai kronologi, sifat keagamaan, bentuk, dan pola percandiannya. Meskipun begitu, dua candi di Situs Batujaya (Batujaya 1 atau Candi Jiwa, dan Batujaya 5 atau Candi Blandongan) telah dipugar dan sedang dipugar. Walaupun belum didapatkan data mengenai kapan dan oleh siapa candi-candi di Batujaya dibangun, namun para pakar arkeologi menduga bahwa candi-candi tersebut merupakan yang tertua di Jawa, yang dibangun pada masa Kerajaan Tarumanegara (Abad ke-5 sampai ke-6 M). Sampai tahun 1997 sudah 24 situs candi yang ditemukan di Batujaya dan baru 6 di antaranya, umumnya merupakan hanya sisa bangunan, yang sudah diteliti. Tidak tertutup kemungkinan bahwa masih ada lagi candi-candi lain di Batujaya yang belum ditemukan. Yang menarik, semua bangunan candi menghadap ke arah yang sama, yaitu 50 derajat dari arah utara. Juru kunci situs batujaya ini yang sekaligus menjadi pengurus bernama Pak Kaisin Kasin. Candi Jiwa Candi Jiwa yang dikenal sebagai Unur Jiwa, terletak di tengah areal persawahan berupa gundukan tanah yang berbentuk oval setinggi 4 meter dari permukaan tanah. Bangunan yang berukuran 19 x 19 meter dengan tinggi 4,7 meter ini tidak mempunyai tangga masuk dan di bagian permukaan atas terdapat susunan bata yang melingkar dengan garis tengah sekitar 6 meter yang diduga merupakan susunan dari bentuk stupa. Nama Candi Jiwa diberikan penduduk karena setiap kali mereka menambatkan kambing gembalaannya di atas reruntuhan candi tersebut, ternak tersebut mati. Candi yang ditemukan di situs ini seperti candi Jiwa, struktur bagian atasnya menunjukkan bentuk seperti bunga padma (bunga teratai). Pada bagian tengahnya terdapat denah struktur melingkar yang sepertinya adalah bekas stupa atau lapik patung Buddha. Pada candi ini tidak ditemukan tangga, sehingga wujudnya mirip dengan stupa atau arca Buddha di atas bunga teratai yang sedang berbunga mekar dan terapung di atas air. Bentuk seperti ini adalah unik dan belum pernah ditemukan di Indonesia. Ketika umat Budha melakukan ritual ditempat ini mereka mengitari candi jiwa seturut dengan perputaran arah jarum jam. Jalan setapak yang akan dikelilingi umat Budha saat mengadakan ritual Bangunan candi Jiwa tidak terbuat dari batu, namun dari lempengan-lempengan batu bata. Pada masa lampau, masyarakat membuat batu bata dengan menggunakan kayu sebagai media bakarnya, itulah yang membedakan batu bata pada masa lampau yang lebih terlihat gosong dibandingkan dengan batu batu masa sekarang yang dibakar menggunakan oven, walaupun suhu bakaran kedua-duanya berkisar 45 derajat celcius. Dan yang menjadi keunikan, batu bata didaerah batujaya itu berukuran sangat besar dibandingkan dengan ukuran batu bata di daerah Jakarta dan sekitarnya. | CANDI GAYATRI/ BOYOLANGU Posted: 21 Nov 2014 06:59 PM PST Juri Rakyat - Candi Gayatri/Boyolangu. Candi Gayatri adalah reruntuhan candi Hindu yang berada ditengah pemukiman penduduk di dusun Boyolangu, kalurahan Boyolangu, kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.
Pada bagian tangga batu candi ini terdapat tulisan angka 1289 (1367 M) dan 1291 Çaka (1369 M), yang kemungkinan dipakai untuk menandai tahun pembuatan dari Candi Gayatri, yaitu pada zaman kerajaan Majapahit. Candi ini merupakan makam Gayatri yang juga bergelar Sri Rajapatni, istri keempat Raja Majapahit yang pertama, Raden Wijaya (Kertarajasa Jayawardhana), dan merupakan ibu dari Ratu Majapahit ketiga, Sri Gitarja (Tribhuwanatunggadewi), sekaligus nenek dari Hayam Wuruk (Rajasanegara), raja yang memerintah Kerajaan Majapahit di masa keemasannya. Nama Boyolangu itu sendiri tercantum dalam Kitab Nagarakertagama yang menyebutkan nama Bayalangu/Bhayalango (bhaya = bahaya, alang = penghalang) sebagai tempat untuk menyucikan beliau. Berikut ini adalah kutipan Kitab Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca dan telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia:
Di Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, terdapat Candi Gayatri. Candi ini adalah tempat untuk mencandikan Gayatri (Sri Rajapatni), Prajnyaparamitapuri itulah nama candi makam yang dibangunArca Sri Padukapatni diberkati oleh Sang Pendeta JnyanawidiTelah lanjut usia, paham akan tantra, menghimpun ilmu agamaLaksana titisan Empu Barada, menggembirakan hati Baginda(Pupuh LXIX, Bait 1)
Di Bayalangu akan dibangun pula candi makam Sri Rajapatni Pendeta Jnyanawidi lagi yang ditugaskan memberkati tanahnya Rencananya telah disetujui oleh sang menteri demung Boja Wisesapura namanya, jika candi sudah sempurna dibangun(Pupuh LXIX, Bait 2)
Makam rani: Kamal Padak, Segala, Simping Sri Ranggapura serta candi Budi Kuncir Bangunan baru Prajnyaparamitapuri Di Bayalangu yang baru saja dibangun (Pupuh LXXIV, Bait 1)
beliau adalah seorang putri Kertanegara, Raja terakhir Singosari. Keempat Tantri Kertanegara menikah dengan Raden Wijaya, Gayatri konon adalah yang termasur dan yang paling jelita. candi berbahan batu ini berdenah segi empat dengan tangga masuk dibagian barat. Di dalam kawasan candi ini terdapat satu candi induk dan dua candi perwara di sebelah selatan dan utaranya. Candi induk berukuran 11,40 m x 11,40 m, mempunyai arca Gayatri (arca wanita dari ratu Sri Rajapatni, nenek dari raja Hayam Wuruk)) dengan panjang 1,1 m, lebar 1 m dan tinggi 1,2 m.
Secara horizontal sisa bangunan itu terdiri atas sebuah Candi Induk dan dua Candi Perwara yang masing-masing berada dikiri kanannya ( utara dan selatan ). Candi tampak berpusat pada tokoh utama berupa arca wanita berukuran besar yang diletakkan pada candi induk. Arca tersebut berukuran tinggi 120 cm, lebar 112 cm dan tebal 100 cm. Tinggi lapik arca dengan lebar 168 cm dan tebal 140 cm. Saat ini arca tersebut di tempatkan di bawah naungan sebuah cungkup tanpa dinding. Pada dua umpak batu Candi induk terdapat tulisan angka tahun 1291 Ç ( 1369 M ) dan 1289 Ç ( 1367 M ).
Di Candi Perwara Utara terdapat dua Yoni yang masing ceratnya disangga oleh kepala naga, fragmen Arca Ganesa dan sebuah Jaladwara. Di Candi Perwara lainnya terdapat Arca Nandi ; Arca Dwarapala dan Arca Mahisasura Mandhini, kelengkapan candi tersebut berbahan batuan andesit, selain itu terdapat pula sumuran yang berada dibagian timur laut dari bangunan induk. Candi ini memiliki candi induk yang berukiran ruangan luas sekitar 10 x 10 meter, dan dua bangunan kecil disebelah kiri dan kanannya. Ada arca tanpa kepala, diperkirakan sebagai arca Sri Rajapatni yang diberkati oleh Pendeta Jnyanawidi.
| Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan Wajah Dan Kulit Posted: 21 Nov 2014 05:12 AM PST Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan Wajah Dan Kulit - Berbagai Manfaat Teh Hijau bagi kecantikan wajah dan kulit - Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari daun teh Camellia Sinensis yang dipetik dan mengalami proses pengeringan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau kaya akan anti oksidan, sehingga teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mempunyai kandungan vitamin, saponin, theophyline, theobromine dan sebagainya yang dapat melawan infeksi dan membantu menjaga agar suhu tubuh tetap optimal. Manfaat teh hijau bagi kecantikan adalah untuk memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, mencegah kanker, melindungi kulit dari sinar matahari, mengatasi jerawat, dan sebagainya. Sahabat dapat mencoba menggunakan teh hijau dengan 2 cara, yaitu dengan cara diminum dan dengan menggunakan ampas teh hijau. Bagi sahabat juri rakyat yang ingin mencoba beberapa manfat teh hijau bagi kecantikan wajah dan kulit, silahkan lihat selengkapnya dalam artikel berikut ini : Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan - Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak
Bagi sahabat yang mempunyai masalah dengan jerawat dan kulit berminyak, sahabat dapat mencoba untuk menggunakan teh hijau untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menuangkan teh hijau pada cetakan es, lalu simpan ke dalam lemari es. Kemudian setelah membeku, usapkan teh beku tersebut pada daerah wajah setiap hari secara perlahan dan merata. Setelah itu biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Sedangkan untuk mengatasi masalah jerawat, sahabat dapat mencobanya dengan mengompres jerawat dengan kantong teh atau dengan cara membuat masker dari daun teh yang dicampur dengan putih telur. Teh hijau memiliki anti bakteri alami yang dapat membunuh bakteri hidup di dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut. Sahabat dapat mencoba menghilangkan bau mulut dengan menggunakan teh hijau dengan cara berkumur-kumur dengan teh hijau atau dengan meminum seteguk teh hijau untuk membantu mencegah bau nafas yang tidak sedap. Usahakan kekentalan teh yang sahabat minum pas yaitu 1 kantong teh untuk 1 cangkir. - Menghilangkan Kantung Mata
Bagi sahabat yang memiliki masalah dengan kantung mata atau mata panda akibat kurang tidur, sahabat dapat mencoba untuk menghilangkan masalah tersebut dengan cara menyeduh teh hijau murni dengan air panas selama 10 menit, setelah itu sisihkan dan simpan ke dalam lemari es. Kemudian celupkan sepotong kapas kedalam larutan teh tersebut dan tempelkan pada kelopak mata selama 10 menit. Selain itu sahabat juga dapat mencoba dengan cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan kantung teh celup bekas pakai yang sebelumnya sudah didinginkan di dalam lemari es. - Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Bagi sahabat yang sering beraktifitas diluar rumah dan sering terkana paparan sinar matahari, sahabat dapat melindungi kulit tubuh dengan memakai teh hijau. Caranya adalah dengan menyeduh 2 sendok makan daun teh, lalu diamkan hingga dingin. Setelah dingin, saring air teh dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian kulit yang akan terkena sinar matahari. Lalu diamkan hingga mengering. Sebaiknya lakukan pengompresan sekitar 30 menit sebelum beraktifitas di luar rumah. Sahabat dapat menggunakan teh hijau sebagai facial scrub untuk melembutkan dan menghaluskan wajah, dengan cara mencampurkan 1 sendok teh cornmeal dengan teh chamomile, lalu gunakan sebagai scrub dan gosokkan dengan lembut pada permukaan wajah. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Bagi sahabat yang mempunyai kulit sensitif, sebaiknya untuk menghindari cara ini. - Melembabkan dan Menghindari Kulit Kering
Bagi sahabat yang memiliki masalah dengan kulit kering, sahabat dapat mencoba mengatasinya dengan cara membuat masker teh dengan campuran oatmela dan lemon. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetes jeruk lemon ke dalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu usapkan ke seluruh bagian wajah sambil dipijat ringan dengan gerakan memutar. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin. Demikian artikel kali ini mengenai manfaat teh hijau bagi kecantikan wajah dan kulit, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat Cantikinfo dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk mempercantik wajah dan kulit sahabat. | Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepat Secara Alami Posted: 21 Nov 2014 04:48 AM PST Cara Menghilangkan Bekas Luka - Bekas luka atau noda hitam di kulit merupakan hal yang sangat menggangu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Selain susah untuk dihilangkan, bekas luka juga akan membuat kita menjadi tidak nyaman dalam berpakaian. Untuk itu banyak yang telah mencoba berbagai cara menghilangkan bekas luka tersebut, baik secara alami ataupun secara instan, tetapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Karena untuk menghilangkan bekas luka tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya. Sumber gambar : blogspot.com Bagi sahabat yang ingin mencoba untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat, silahkan lihat selengkapnya dalam artikel berikut ini yang akan membahas mengenai cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin yang dapat menghilangkan bekas luka pada kulit. Caranya hanya dengan mengambil 1 buah jeruk nipis, lalu belahlah menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian bekas luka. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Untuk pertama kali pemakaian kulit akan terasa sedikit perih atau pedis pada kulit, tetapi jangan khawatir karena hal tersebut merupakan proses untuk menghilangkan noda hitam di kulit.Selain jeruk nipis, ternyata mentimun juga dapat bermanfaat untuk mengurangi bekas luka atau menghilangkan bekas luka pada kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menghancurkan mentimun hingga berbentuk seperti pasta, kemudian letakkan mentimun tadi pada bekas luka dan diamkan selama sepanjang malam. Lakukanlah setiap malam setiap sebelum tidur secara teratur hingga bekas luka menghilang sedikit demi sedikit. Madu selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka atau noda hitam di kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada bekas luka dan diamkan selama semalaman. Lakukanlah setiap hari secara rutin hingga bekas luka memudar dan hilang. Minyak zaitun dipercaya berkhasiat dalam menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat pada wajah dan tubuh. Caranya hanya dengan mengoleskan bekas luka dengan minyak zaitun secara rutin. Dan bekas luka akan memudar dan hilang dengan sendirinya.- Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar
Minyak biji pangkal bunga mawar telah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan telah terbukti secara klinis dapat menghilangkan bekas luka pada kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Cara memakainya hanya dengan melakukan pemijatan secara berkala pada bekas luka selama 15 menit, lakukanlah setiap 2 hari sekali.
Gimana dengan artikel cara menghilangkan bekas luka dengan cepat secara alami diatas ? Sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah bukan ? Selain itu bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapat. Sekarang tunggu apalagi, silahkan dicoba dan katakan "Bye-Bye pada Noda Hitam".
| Misteri Pohon Goyang di Gunung Kunci Posted: 21 Nov 2014 02:08 AM PST Misteri Pohon Goyang di Gunung Kunci-Gunung Kunci yang berdiri kokoh di Kota Sumedang, Jawa Barat, diyakini menyimpan banyak kisah misteri, salah satunya pohon yang selalu bergoyang– goyang meski tak ada angin. Matahari enggan menunjukkan sinarnya, padahal saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 WIB. Meski begitu, tidak ada yang mengubah kesibukan para pedagang yang biasa mangkal di depan tempat wisata Gunung Kunci. Gunung Kunci terletak di Dusun Peniunan, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Lokasi situs ini terletak di atas kawasan Taman Hutan Raya Gunung Kunci dan Gunung Palasari yang merupakan kawasan hutan Negara. Gunung ini berfungsi sebagai kawasan hutan konservasi dengan luas 3,67 Ha berupa hutan pinus dengan ketinggian 500 mdpi. Novi sedang asik bermain ayunan di bawah pohon besar yang berada di Gunung Kunci. Tidak jauh dari tempat Novi terlihat sebuah gua yang sudah roboh dan hanya menyisakan genangan-genangan air. Menurut Novi, terkadang di gua tersebut sering muncul bunyi–bunyi seperti seseorang tentara yang sedang berjalan. "Kadang-kadang juga kalau kata cerita-cerita orang-orang sini mereka suka melihat pohon yang bergoyang-goyang, padahal tidak ada angin atau orang," kata gadis kelas 2 SMK tersebut. Novi mengaku sudah sering berkunjung ke Gunung Kunci. Namun dia sendiri belum pernah bertemu setan yang ada di Gunung tersebut. Dia hanya pernah mendengar cerita- cerita dari orang-orang yang pernah berkunjung ke Gunung Kunci. Hal senada juga diungkapkan oleh Usep. Usep adalah penjaga Gunung Kunci. Sudah empat tahun dia bekerja untuk menjaga Gunung yang merupakan bekas benteng Belanda tersebut. Namun, dia mengaku belum pernah diperlihatkan oleh sosok makhluk gaib di tempat itu. "Kalau cerita misteri saya belum pernah mengalaminya, tetapi saya sering mendengar dari beberapa pengunjung yang datang. Katanya mereka pernah melihat pohon yang suka bergerak sendiri atau pohon yang menyerupai manusia bertubuh tinggi besar," kata Usep dengan nada serius. Menurut Usep, Gunung Kunci dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di dalam gunung yang dibuat sekira tahun 1914–1917 terdapat sejumlah gua yang saling menyambung, bunker, dan juga benteng yang dilengkapi dengan kubah meriam dan senapan mesin. Namun, saat ini meriam dan senapan tersebut tidak lagi dipasang di gunung tersebut. Selain itu, kondisi gua-gua yang ada pun sudang runtuh. Gua yang seharusnya menyambung sambil ke benteng pertahanan kini sudah dipagar. Apalagi gua tersebut dalam keadaan gelap dan lembab. "Pernah dalam sebuah acara televisi yang melakukan uji nyali di gua tersebut pesertanya ada yang melihat tuyul. Kalau nggak salah terekam kamera juga. Itu sempat heboh juga di sini," kata Usep. Tidak hanya itu, ada juga beberapa penduduk yang berdagang di gunung ini sering diganggu oleh makhluk gunung. Kebanyakan dari mereka sering mendengar suara derap langkah tentara yang sedang berjalan bersama-sama. ***** Ujang sedang asik berkumpul bersama dengan para tukang ojek yang lainnya. Belum ada pelanggan yang datang untuk memakai jasanya. Oleh karena itu, sambil menunggu dia pun lebih memilih mengobrol dibandingkan tidur-tiduran di sebuah pos jaga yang berada tidak jauh dari tempat pangkal ojek. Ujang sudah lebih dari empat tahun menjadi tukang ojek di daerah wisata Gunung Kunci. Setiap harinya dia menghabiskan waktu mangkal di depan Gunung Kunci untuk mendapatkan uang yang nantinya digunakan sebagai keperluan sehari – hari keluarganya. Ujang bercerita empat tahun menjadi tukang ojek di depan Gunung Kunci pernah mengalami kisah-kisah misteri di Gunung bekas pengaduan domba tersebut. "Waktu itu malam – malam, saya bersama beberapa teman tukang ojek yang lainnya lagi asyik ngobrol di dekat pintu masuk Gunung. Kami merasa mendengar ada suara tentara berjalan padahal Gunung itu sendiri sudah dikunci sejak dari jam 5 sore," katanya. Lelaki berusia 45 tahun ini mengaku memang beberapa tukang ojek yang lainnya juga sering mendengar suara-suara tersebut. Tidak hanya suara derap langkah, terkadang terdengar juga suara hewan-hewan, padahal di gunung tersebut tidak ada hewan yang dipelihara. "Katanya sih dulunya ada bekas pengaduan domba di sini, mungkin itu yang sering didengar sama masyarakat di sini. Tapi sih ada juga yang pernah dengar suara ayam berkokok atau suara-suara orang tertawa," kata Ujang dengan raut wajah serius. Hal senada juga diungkapkan oleh Sapri. Sapri sendiri sekarang hanya menjadi tukang ojek di gunung tersebut saat gunung dibuka. Namun setelah ditutup dia lebih memilih mangkal di tempat yang lain. Alasannya jarang ada pelanggan yang menggunakan jasanya jika sudah sore. Sapri mengatakan pernah dipanggil oleh seseorang. Menurutnya saat itu kondisi di sekitar Gunung Kunci sedang hujan. "Waktu itu saya merasa kayak ada yang manggil – manggil tukang ojek, padahal waktu itu lagi hujan. Pas saya cariin tapi ngga ada orangnya. Habis itu saya langsung pulang saja karena saya takut," katanya. ***** Keberadaan Gunung Kunci sebenarnya merupakan ikon tersendiri untuk warga Sumedang. Karena selain sebagai tempat wisata gunung ini juga merupakan paru – paru kota. Ditanamnya pohon – pohon besar seperti pohon pinus dan pohon mahoni, menandakan bahwa kota Sumedang masih memiliki resapan air sehingga akan terhindar dari bencana banjir. Namun, bagi sebagian orang atau pengunjung, gunung tersebut justru kerap dijadikan tempat berpacaran. Menurut Usep, pernah ada sepasang kekasih yang tidak sengaja berpacaran di gunung tersebut. Mereka pun diganggung oleh penghuni gunung dengan cara pohon – pohon yang ada di sekitarnya itu berubah menjadi orang bertubuh tinggi dan besa. "Memang kadang – kadang pengunjung suka sembarangan di sini, mereka pacaran mungkin sampai berbuat hal-hal yang dilarang. Jadi mereka diganggungin sama penghuni gunung ini," kata Usep. Saat reporter Okezone mengunjungi Gunung Kunci memang terlihat sejumlah pasangan muda mudi sedang bermesraan di gunung tersebut. Ada sebagian dari mereka yang berpacaran di sekitar benteng sampai ke tempat bekas pengaduan domba yang jaraknya lumayan jauh dari pintu masuk. Ada juga beberapa pasangan yang nekad pacaran di dekat gua yang kondisinya sangat gelap. "Pernah ada yang kesurupan di gua itu, katanya mereka pacaran di gua yang bekas benteng," kata Usep dengan serius. ***** Usep mengaku, sebagai penjaga situs Gunung Kunci dirinya hanya berani menjaga hingga pukul 17.00 WIB. lebih dari itu, butuh beberapa penjaga lagi. Karena situs ini terkenal dengan sumber daya alamnya dan juga kondisi gunung yang dibuat gelap membuat gunung menjadi sedikit menyeramkan. "Saya tidak pernah jaga sampai lebih dari jam 5. Pokoknya kalau sudah jam 4 saya umumkan ke para pengunjung untuk segera turun. Ini karena kondisi gunung yang gelap, hal itu membuat gunung menjadi lebih menyeramkan," kata Usep. Namun, lanjut Usep, dia terpaksa menambah jam jaga jika ada permintaan dari dinas setempat. "Misalnya kalau ada kunjungan dari paranormal atau yang lainnya. Kayak waktu itu kunjungan Ki Joko Bodo yang datang ke sini, kami harus menjaga lebih lama tetapi semuanya penjaganya datang ke Gunung," kata Usep. Usep mengatakan, saat kedatangan Ki Joko Bodo semua makhluk gaib yang ada di Gunung Kunci sudah diamankan di dalam sebuah botol. Menurutnya, Ki Joko Bodo sendiri yang menunjukkan botol-botol berisi makhluk-makhluk yang ada di Gunung Kunci tersebut. "Katanya memang di sini banyak penunggunya. Kalau saya sih percaya saja karena yang namanya tempat hutan belantara. Jangankan di tempat seperti ini di rumah sendiri saja pasti ada makhluk gaibnya," kata Usep. Menurut Usep, saat itu Ki Joko Bodo mengungkapkan makhluk yang paling menyeramkan dan jahat yaitu adanya sosok tentara Belanda. Namun, keberadaan mereka semua diklaim sudah diamankan oleh Ki Joko Bodo. ***** Tidak jauh dari Gunung Kunci, masih ada di pusat kota Sumedang ada juga Gunung Palasari. Gunung yang dikenal sebagai Benteng Palasari ini terletak di Kelurahan Pasangrahan. Benteng ini dibangun sekira tahun 1913 – 1917 di atas tanah seluas 6 Ha. Terdiri dari 8 buah bangunan beton. Masing – masing benteng dibangun secara terpisah dalam jarak satu sama lain dengan bentuk melingkar, sama seperti yang ada di Gunung Kunci. Di dalam benteng ini terdapat 27 ruangan berpintu yang dilengkapi 35 buah jendela dengan 46 buah lubang ventilasi. Dulunya benteng Palasari yang merupakan benteng tertinggi di sekitar kota Sumedang ini berfungsi sebagai gudang mesiu atau sebagai pos observasi yang berjarak kurang dari 1 kilometer dari tangsi Belanda (sekarang Kodim Sumedang). Menurut Usep, Benteng Palasari tidak terbuka seperti Gunung Kunci. Karena jalan – jalan di benteng tersebut masih rusak dan tidak disemen seperti yang ada di Gunung Kunci. Selain itu, bangunan yang ada juga hanya sedikit dibandingkan yang ada di Gunung Kunci. "Tetapi jalanannya yang masih berantakan yang menjadi alasan utama benteng itu tidak dibuka untuk umum seperti yang ada di Gunung Kunci," kata Usep. Sama seperti yang ada di Gunung kunci, kondisi di sekitar benteng Palasari pun tidak jauh berbeda. Benteng itu dibuat gelap oleh pemerintah daerah setempat. "Mungkin karena hanya ada benteng – benteng dan gua – gua jadinya tidak perlu dikasih lampu. Lagi pula di Gunung kunci sama di benteng Palasari tidak diperbolehkan digunakan untuk kegiatan pramuka. Karena di gunung ini semuanya gelap," kata Usep. | |
BERANI MEMBUAT PILIHAN... Posted: 21 Nov 2014 03:11 PM PST Pengetua kantoi lakukan oral seks dengan guru Matematik dalam kelas Posted: 21 Nov 2014 01:01 AM PST Seorang pengetua mengancam untuk mengambil tindakan undang-undang terhadap pelajar yang telah merakamkan aksi ghairahnya bersama seorang guru Matematik wanita ketika waktu sekolah.
Pelajar tersebut berjaya merakamkan aksi Cikgu Drago Kamenik, 41, sedang melakukan seks oral kepada seorang lagi guru sebelum memuatnaik video tersebut ke atas talian.
Mereka mendakwa mendengar bunyi rengekan dan dengusan di dalam bilik darjah ketika waktu rehat. Apabila mereka memasuki kelas tersebut, mereka mendapati pengetua itu berada di antara peha guru Matematik, Cikgu Manja Mertelj, 45.
Salah seorang daripada pelajar tersebut berkata: "Kami mendengar bunyi bising dalam bilik darjah ketika rehat. Kami ingat mereka adalah rakan sekelas dan kami hampir tidak percaya apabila melihat perlakuan guru matematik dan pengetua tersebut."
Insiden ini dilaporkan berlaku di sebuah sekolah menengah di Maribor, Slovenia. Siasatan masih dijalankan pihak berkuasa.
Photo credit: CEN | Makan zakar rakan Posted: 20 Nov 2014 10:31 PM PST | Gambar hiasan |
Ciudad Juarez: Seorang lelaki mabuk yang menembak kepala rakan baiknya sebelum memotong kemaluan mangsa dan memberikan anjingnya memakan zakar itu berasa begitu bersalah hingga dia menyerah diri kepada polis. Mario Alberto Lizalde Reyes, 25 berkata semalam, dia berjalan dengan anjingnya bersama-sama rakannya, Mario Hernandez Banda, 24, apabila mereka mula bertengkar. Reyes mendakwa Banda cuba menyentuhnya 'secara seksual' di kejiranan Parajes de San Isidro di Ciudad Juarez, bandar di Chihuahua, utara Mexico. "Kami mabuk ketika itu dan dia cuba menyentuh saya secara seksual," kata Reyes. "Selepas menepis tindakannya, dia pergi membuang air di satu lorong. Saya mengekorinya, mengeluarkan pistol dan menembak kepalanya. "Kemudian saya mengeluarkan pisau dan memotong kemaluannya sebagai cara menghukumnya. Saya masukkan kemaluannya ke dalam beg. "Tetapi anjing saya cuba mencium kemaluan itu. Saya berikannya untuk dia makan," kata Reyes. Reyes membiarkan mayat itu dan pulang ke rumah untuk tidur. Bagaimanapun, keesokannya dia berasa begitu bersalah dan mengambil keputusan menyerah diri. Reyes kini berdepan dengan hukuman penjara seumur hidup. - Agensi | Suami liar rayu minta izin ‘makan luar’ Posted: 20 Nov 2014 10:01 PM PST Harare: Seorang lelaki mengejutkan mahkamah selepas menangis dan bersungguh-sungguh merayu supaya hakim membenarkannya mencari kepuasan seksual secara bebas sebagai cara untuk 'memperbetulkan' isterinya yang 'mogok' sejak tujuh tahun lalu. Roberto Moyo, 59, dari Mpopoma mendakwa dia pernah hilang kewarasan dan dimasukkan ke institut pakar psikiatri tempatan selepas isterinya, Leandy Moyo, 52, menolak untuk bersenggama walaupun mereka tetap berkongsi katil dan selimut. Kata Moyo, selepas menerima terapi daripada doktor, dia dinasihati untuk tidak mengharapkan layanan daripada isterinya lagi. "Tanpa layanan Leandy, tahap kesihatan saya semakin buruk," katanya. Moyo dan Leandy berumahtangga sejak 26 tahun lalu. Mereka juga pernah mendapatkan kaunseling selama dua minggu atas nasihat mahkamah tetapi ia tetap gagal membawa ketenangan dalam hidup mereka. Kata Moyo, dalam keadaan semasa dia pasti tidak mendapat apa yang diingini daripada Leandy. Pada masa sama, katanya, agama anutannya, Katolik Roman, tidak membenarkan perceraian walau dalam apa keadaan sekali pun. "Saya rasa sebenarnya hubungan antara kami sudah tidak wujud lagi dan saya merayu mahkamah memberi kebenaran khas kepada saya," katanya. Sementara itu, isterinya, Leandy berkata, suaminya seorang lelaki yang menyakitkan hati. "Dia tidak suka tidur di rumah dan selalu pulang lewat sambil berlagak meniduri wanita lain. "Saya tetap menganggapnya sebagai suami, cuma saya mahukan ketenangan di rumah," katanya ketika ditemui. | Ahli politik pertahan jolok kemaluan pegawai polis wanita Posted: 20 Nov 2014 08:15 PM PST Jakarta: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Parti Keadilan Sejahtera, Al Muzammil Yusuf, semalam mempertahankan amalan memeriksa status wanita yang ingin menjadi anggota polis. Kata Al Muzammil, amalan dikenali sebagai "ujian dua jari" itu perlu dilakukan bagi memastikan bakal anggota keselamatan memiliki moral yang tinggi. "Selain alasan moral, ujian dara seseorang wanita juga sesuai dengan adat masyarakat timur,"katanya. Beberapa hari lalu pertubuhan Human Rights Watch mengecam pihak berkuasa Indonesia kerana melakukan ujian dara ke atas wanita yang memohon menjadi polis. Sesetengah calon, kata pertubuhan itu, mengalami trauma dan berasa dihina. Namun pegawai atasan polis, termasuk Ketua Polis Indonesia, Jen Sutarman, menafikan amalan itu masih dipraktikkan. "Siapa yang mengesahkan ujian itu masih dijalankan? Institusi polis tidak pernah mengadakan ujian sedemikian ke atas calon berdaftar. "Kami hanya menjalankan ujian kesihatan yang menyeluruh," katanya dalam satu kenyataan. Ketua Perhubungan Awam Polis Indonesia, Ronnie Franky Sompie memberitahu, ujian kesihatan saja sudah memadai untuk menentukan kesesuaian seseorang wanita diterima sebagai anggota polis. - Agensi | Guru mati pucuk bebas tuduhan rogol Posted: 20 Nov 2014 06:31 PM PST SEREMBAN – Seorang guru dibebas dan dilepaskan daripada tuduhan merogol seorang kanak-kanak perempuan oleh Mahkamah Sesyen di sini hari ini. Hakim Datuk Anita Harun membuat keputusan itu terhadap Mohd Faddil Abdul Rahman, 39, selepas pihak pembelaan berjaya menimbulkan keraguan munasabah terhadap kes pendakwaan. Anita berkata, mahkamah mengambil kira keterangan saksi ketiga iaitu pakar andrologi yang menyatakan tertuduh mengalami masalah mati pucuk ketika kejadian rogol itu didakwa berlaku. Mohd Faddil dilihat melakukan sujud syukur selepas hakim membuat keputusan. Dia sebelum ini didakwa merogol kanak-kanak perempuan yang ketika itu berusia 12 tahun, di sebuah rumah di Seremban 3 di sini, pada 14 dan 15 September tahun lalu. Tuduhan dibuat mengikut Seksyen 376 Kanun Keseksaan yang memperuntukkan hukuman penjara tidak kurang lima tahun dan tidak lebih 30 tahun serta sebatan. Pendakwaaan dijalankan Timbalan Pendakwa Raya Mohd Farid Mohd Mokhtar manakala tertuduh diwakili peguam John Fernandez. --Portal Berita Suara TV | Tauke kuih pau kemaruk seks Posted: 20 Nov 2014 06:01 PM PST Betong: Akibat kemaruk seks, seorang pengusaha kuih pau ditahan selepas disyaki mencabul pekerjanya dalam kejadian di rumahnya di Spaoh, di sini, kelmarin. Lebih menjijikkan apabila suspek berusia 45 tahun tanpa segan silu turut mengajak mangsa, 39, berasmara bersamanya dalam bilik tidur ketika kebanyakan ahli keluarga suspek tiada di rumah pada jam 3.40 petang. Sumber berkata, kejadian itu bukan kali pertama berlaku kerana suspek pernah meraba mangsa ketika membantunya berniaga kuih pau di gerai tidak jauh dari rumahnya. Menurutnya, mangsa yang sudah berkahwin itu melaporkan dirinya dicabul suspek, malah suspek dikatakan terdesak sehingga sanggup mengajak mangsa melakukan hubungan seks. "Kejadian berlaku ketika mangsa berada di dapur rumah suspek sebelum dia datang dari belakang lalu merabanya. "Mangsa kemudian menolak permintaan itu, tetapi suspek semakin berani apabila terus mencium pipinya. Dapatkan akhbar Harian Metro untuk berita selanjutnya. | |
Tiada ulasan:
Catat Ulasan